Sabtu, 02 Juni 2012

Mengintip Windows 8 Release Preview Part 1–Metro Style UI

Awal bulan Juni ini merupakan sebuah awal yang cerah untuk tahun ini, mengapa demikian..??
Jawabannya adalah karena pada tanggal 1 JUNI 2012 lalu Windows 8 Release preview sudah dipublikasikan oleh pihak Microsoft. Buat teman-teman yang ingin mencoba Anda bisa mengunduhnya secara gratis pada link ini.
Nah pada artikel ini pertama akan membahas mengenai UI (User Interface) dari Windows 8 yang diberi nama Metro Style. Metro Style sendiri lahir dari inpirasi Microsoft team ketika melihat papan pengumuman keberangkatan pada stasiun dan bandara di Eropa. Dengan bentuk yang simpel papan pengumuman bisa berganti-ganti tampilan dan dengan cepat menampilkan pengumuman atau informasi.
Dengan inpirasi tersebut, Microsoft mengadopsinya pada Windows 8 dan memberi nama Metro Style, dengan tujuan pengguna Windows 8 bisa menangkap informasi atau pemberitahuan dari aplikasi dengan cepat pada halaman awal dekstopnya.
Metro Style sendiri dibuat seolah-olah adalah suatu halaman yang panjang, sehingga Anda harus menggersernya ke kanan atau ke kiri untuk melihat icon dari aplikasi-aplikasi kesayangan Anda. Design ini sangat cocok untuk perangkat-perangkat layar sentuh, ya karna Windows 8 ini di targetkan juga untuk perangkat mobile yang berlayar sentuh seperti Pc tablet.

Amazing Start Menu
Pada Start menu kita sudah disuguhkan dengan tampilan yang lebih segar dan ceria dibanding windows versi sebelumnya. Selain itu, Windows 8 terkoneksi dengan Windows Live sehingga ketika ada notifikasi masuk Anda bisa dengan cepat mengakses email dan messages, karena notifikasinya terpampang pada Start menu dan ini sangat membantu Anda yang terkadang tidak mengetahui ada notifikasi masuk saat sibuk bekerja.
2012-06-02_204012
2012-06-02_212017
Bagi Anda yang kurang nyaman dengan pergeseran Untuk menampilkan semua Aplikasi yang Anda miliki, Anda tidap perlu menggeser-geser ke kanan atau kekiri Anda bisa klik kanan saat Anda berada pada halaman Start menu ini dan aplikasi yang Anda miliki akan tampil.
2012-06-02_204709

Searching Makin Akurat
Selain Start menu yang amazing, fitur searching pada Windows 8 kini makin akurat. Sebab pada fitur ini sudah ditambahkan kategori Searching untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda cari sesuai kategorinya. Dalam kategori pencarian Anda akan mendapatkan pilihan Search Apps, Search Setting dan Search File. Dengan pengkategorian tersebut proses pencarian menjadi lebih cepat dan akurat karna kita hanya mencari sesuai kategori saja. Fitur ini juga bisa dipanggil dengan menekan tombol Windows + F pada keyboard atau Anda bisa langsung mengetik apa nama yang Anda ingin cari.
2012-06-02_204542
2012-06-02_214204

Side Panel Yang Atraktif
Selain ke-2 fitur diatas masih terdapat fitur baru yang tidak kalah menarik yaitu Side Panel di Windows 8 disebut dengan nama Contract. Terdapat 2 Contract pada WIndows 8 ini yaitu, Contract Kanan dan Contract Kiri.
  1. Contract Kanan dapat ditampilkan dengan cara menggerakan kursor ke pojok kanan Atas dari tampilan Desktop Anda. Contract Kanan ini difungsikan untuk menampilkan shotcut menuju fitur Search, Share, Start Menu, Devices dan Setting.
  2. Contract Kiri dapat ditampilkan dengan cara menggerakan kursor ke pojok kiri atas dari tampilan Desktop Anda. Contract Kanan ini difungsikan untuk menampilkan aplikasi yang sedang aktif saat ini.
2012-06-02_214438
2012-06-02_214505

Aero Style Is Still Alive
Yupz… UI Aero Style masih tetap digunakan pada Windows 8. Dalam posisi Desktop Anda akan dibawa lagi ke dalam Style windows terdahulu (Aero Style), disini Anda masih akan menemukan tampilan toolbar, tampilan icon-icon kecil pada Desktop Anda seperti biasanya hanya saja Anda tidak menemukan Icon Start Menu di Ujung sebelah Kiri Bawah layar Anda.
Ada perbedaan disini, yaitu pada Aplikasi File Manager (File Exploler). kini File Exploler mengadopsi Ribbon Style yang kini digunakan oleh aplikasi-aplikasi Windows terbaru seperti contohnya Microsoft Office 2010. Selain itu proses Copy-Paste file ditambahkan fitur Pause dan Grafik Proses Copy-Paste (Grafik Speed Pemrosesan dan Grafik File Terkirim).
2012-06-02_222246
2012-06-02_222343
Untitled1

Mungkin Untuk User Interface Sekian saja dari saya, Semoga dengan tulisan ini Anda tertarik Untuk Mencoba Windows 8. Smile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar