Minggu, 17 Juni 2012

Mengenal Bahasa Pemograman C-Sharp (C#)

 

Bahasa pemograman Apa sih C-Sharp (C#) itu..??

C-Sharp (C#) merupakan sebuah bahasa pemograman yang berorientasi objeck (OOP) yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi pleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain dengan beberapa penyederhanaan.

Sejarah Lahirnya C-Sharp (C#)

Semula Microsoft menginginkan Java digunakan dalam Sistem Operasi Windows untuk meningkatkan antarmuka dari Microsoft Componen Object Model (COM). Kemudian pada tahun 1990-an Microsoft membuat program Microsoft Visual J++, namun karna bermasalah dengan pemegang hak cipta bahasa pemograman Java, Sun Microsistem. Microsoft pun menghentikam pengembangan J++.

Untuk menangani proyek baru pengganti J++, Microsoft merekrut Anders Helsberg yang merupakan mantan karyawan Borland yang membuat bahasa Turbo Pascal, dan Borland Delphi, beliau juga pernah ikut andil dalam pembuatan Windows Foundation Classes (WFC) yang digunakan J++.

Bahasa pemograman C# pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemograman modern berorientasi object yang menjadi sebuah bahasa pemograman utama di dalam pengmbangan platform Microsoft .NET Framework. C# didesain untuk memenuhi kebutuhan akan sintax C++ yang lebih ringkas dan Rapid Application Development yang 'tanpa batas'. (Dibandingkan dengan RAD yang 'terbatas' seperti yang terdapat pada Delphi dan Visual Basic).

Agar mampu mempromosikan pengguna besar-besaran dari bahasa C#, Microsoft, dengan dukungan dari Intel Corporation dan Hewlett-Packard mencoba mengajukan standarisasi terhadap bahasa C#. Akhirnya, pada bulan Desember 2011, standar pertama oun diterima oleh European Computer Manufactures Association atau Ecma Intenasional (ECMA) sampai akhirnya diterima oleh International Organization for Standardization (ISO).

 

Beberapa Kelebihan C#

Flexible : C# program dapat di eksekusi di mesin komputer sendiri atau di transmisikan melalui web dan di eksekusi di komputer lainnya.

Powerful : C# memiliki sekumpulan perintah yang sama dengan C++ yang kaya akan fitur yang lengkap tetepi dengan gaya bahasa yang lebih diperhalus sehingga memudahkan Penggunanya.

Easier to use : C# memodifikasi perintah yang sepenuhnya sama dengan C++ dan memberitahu dimana letak kesalahan kita bila ada kesalahan dalam aplikasi. Hal ini dapat membantu kita dan mengurangi waktu untuk mencari code yang error.

Visually Oriented : .NEt library code yang digunakan oleh C# menyediakan bantuan yang dibutuhkan untuk membuat tampilan yang complicated dengan framse, dropdown, tabbed windows, group button, scroll bar, dan lainnya.

Secure : Semua bahasa pemograman yang digunakan untuk kebutuhan internet mesti memiliki security yang benar-benar aman untuk menghindari aksi kejahatan dari pihak lain seperti hacker, dan C# memiliki segudang fitur untuk menanganinya.

 

Maksud Dari Simbol C#

Simbol C# sendiri memiliki arti, jika dilihat lebih teliti simbol # adalah rangkaian empat buah simbol + yang dirangkai sedemikian rupa, hal ini melambangkan bahwa C# adalah bahasa yang lebih tinggi dibanding C yang tidak memiliki smimbol +, maupun C++ yang hanya memiliki 2 simbol +. Selain itu juka mengambil analogi notasi musik, nada yang diberi tanda #(Kres) akan berbunyi lebih tinggi daripada nada awalnya. Demikian juga C# yang merupakan bahasa pemograman yang lebih tinggi dari C.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/C_sharp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar